-->

AL – QUR’AN DAN KEUTAMAANNYA


Oleh : Syahril Siddiq




AL – QUR’AN DAN KEUTAMAANNYA




1.      Definisi Al-Qur’an
Al - Qur’an adalah:
كلام الله المعجز المنزّل على خاتم الأنبياء والمرسلين سيدنا محمد بواسطة الأمين جبريل المكتوب في المصاحف المنقول علينا بالتواتر المتعبد بتلاوته المبدوء بسورة الفاتحة المختوم بسورة الناس.
“Kalamullah , sebagai mu’jizat, yang diturunkan kepada penutup para Nabi dan Rasul, Muhammad  dengan perantara Jibril yang termaktub dalam mushaf-mushaf, yang dinukil sampai kepada kita secara mutawarir, membacanya sebagai ibadah, yang dimulai dengan surah Al-Fatihah yang ditutup dengan surah an-Nas.”[1]

2.      Fungsi Al-Qur’an
Al-Qur’an adalah kitab yang diturunkan kepada manusia sebagai nasihat, obat, petunjuk, dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. Allah SWT berfirman:
يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ قَدۡ جَآءَتۡكُم مَّوۡعِظَةٞ مِّن رَّبِّكُمۡ وَشِفَآءٞ لِّمَا فِي ٱلصُّدُورِ وَهُدٗى وَرَحۡمَةٞ لِّلۡمُؤۡمِنِينَ  ٥٧ قُلۡ بِفَضۡلِ ٱللَّهِ وَبِرَحۡمَتِهِۦ فَبِذَٰلِكَ فَلۡيَفۡرَحُواْ هُوَ خَيۡرٞ مِّمَّا يَجۡمَعُونَ  ٥٨
“Wahai manusia! Sungguh, telab datang kepadamu pelajaran (AlQur ’an) dari Rabbmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rabmat bagi orang yang beriman. Katakanlah (Mubammad): 'Dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, bendaklah dengan itu mereka bergembira. Itu lebih baik dan pada apa yang mereka kumpulkan."                  
(QS. Yunus 10: 57-58)

Al-Qur’an adalah kitab yang diturunkan untuk membimbing manusia menuju jalan keselamatan, mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya dan petunjuk, serta membimbing mereka menempuh jalan yang lurus. Allah SWT berfirman:
قَدۡ جَآءَكُم مِّنَ ٱللَّهِ نُورٞ وَكِتَٰبٞ مُّبِينٞ  ١٥ يَهۡدِي بِهِ ٱللَّهُ مَنِ ٱتَّبَعَ رِضۡوَٰنَهُۥ سُبُلَ ٱلسَّلَٰمِ وَيُخۡرِجُهُم مِّنَ ٱلظُّلُمَٰتِ إِلَى ٱلنُّورِ بِإِذۡنِهِۦ وَيَهۡدِيهِمۡ إِلَىٰ صِرَٰطٖ مُّسۡتَقِيمٖ  ١٦
Sungguh, telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan Kitab yang menjelaskan. Dengan Kitab itulah Allah memberi petunjuk kepada orang yang mengikuti keridoan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan Kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang Itu dari gelap gulita kepada cahaya dengan izin-Nya, dan menunjukkan ke jalan yang lurus. (QS. AMidah 5:15-16)

3.      Kedudukan dan Keutamaan Al-Qur’an
Al- Qur'an adalah Kitab mulia, yang tidak ada kebatilan padanya. Allah SWT berfirman:
وَإِنَّهُۥ لَكِتَٰبٌ عَزِيزٞ  ٤١ لَّا يَأۡتِيهِ ٱلۡبَٰطِلُ مِنۢ بَيۡنِ يَدَيۡهِ وَلَا مِنۡ خَلۡفِهِۦۖ تَنزِيلٞ مِّنۡ حَكِيمٍ حَمِيدٖ  ٤٢
"... dan sesungguhnya (al-Qur’an) itu adalah Kitab yang mulia, (yang) tidak akan didatangi oleh kebatilan baik dari depan maupun dari belakang (pada masa lalu dan yang akan datang), yang diturunkan dari Rabb Yang Mahabijaksana, Maha Terpuji.” (QS. Fushshilat 41 : 41-42)
Al- Qur’an adalah Kalamullah, tidak ada yang dapat menandinginya. Allah SWT berfirman:
وَمَنۡ أَصۡدَقُ مِنَ ٱللَّهِ حَدِيثٗا  ٨٧
"... Siapakah yang lebih benar perkataan(nya) dari pada Allah?” (QS. An-Nisa' 4 : 87)
Al-Qur’an adalah kitab yang memiliki kedudukan sangat tinggi, diturunkan oleh Allah Yang Maha tinggi. Allah SWT berfirman:
تَنزِيلٗا مِّمَّنۡ خَلَقَ ٱلۡأَرۡضَ وَٱلسَّمَٰوَٰتِ ٱلۡعُلَى  ٤
"diturunkan dan (Allah) yang menciptakan bumi dan langit yang tinggi.” (QS. Thaha 20:4)
Al-Qur’an adalah mukjizat Nabi Muhammad SAW yang terbesar. Allah pun berjanji untuh menjaganya dari perubahan tangan - tangan kotor manusia. Beliau bersabda:
ما من الأنبياء نبيّ إلا أعطي من الآيات ما مثله آمن عليه البشر وإنما كان الذي أوتيته وحيا أو حاه الله إليّ فأرجو أن أكون أكثرهم تابعا يوم القيامة.[2]
“ Tiada seorang nabi pun melainkan ia dianugerahi tanda-tanda kenabian (mukjizat) yang dengannya manusia beriman. Adapun mukjizat yang dianugerahkan kepadaku berupa wahyu yang Allah wahyukan kepadaku, dan kelak aku berharap memiliki pengikut yang paling banyak pada hari Kiamat."
Al- Qur’an adalah kitab yang terpelihara dan terjaga:
إِنَّا نَحۡنُ نَزَّلۡنَا ٱلذِّكۡرَ وَإِنَّا لَهُۥ لَحَٰفِظُونَ  ٩
“ Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan al-Qur’an, dan pasti Kami (pula) yang memeliharanya.” (QS. Al- Hijr 15:9)

4.      Sifat-Sifat Al-Qur’an
Allah SWT menyifati al-Qurn dengan sifat-sifat yang tinggi dan mulia, di antaranya:
a)      Al-Qur’an Kitab yang agung. Firman Allah SWT:
وَلَقَدۡ ءَاتَيۡنَٰكَ سَبۡعٗا مِّنَ ٱلۡمَثَانِي وَٱلۡقُرۡءَانَ ٱلۡعَظِيمَ  ٨٧
Dan sungguh, Kami telah memberikan kepadamu tujuh (ayat) yang (dibaca) berulang - ulang dan 
 Al-Qur’an yang agung.” (QS. Al-Hijr 15:87)
b)     Al-Qur’an Kitab yang penuh hikmah. Firman Allah SWT:
يسٓ  ١ وَٱلۡقُرۡءَانِ ٱلۡحَكِيمِ ٢
“ Yasin. Demi al- Qur'an yang penuh hikmah.” (QS. Yasin 36 : 1-2)
c)      Al-Qur’an Kitab yang jelas.
Firman Allah SWT :
إِنۡ هُوَ إِلَّا ذِكۡرٞ وَقُرۡءَانٞ مُّبِينٞ  ٦٩
“Al-Qur’an itu tidak lain hanyalah pelajaran dan Kitab yang jelas.” (QS. Yasin 36 : 69)
d)     Al-Qur’an Kitab yang mulia.
            Firman Allah SWT:
قٓۚ وَٱلۡقُرۡءَانِ ٱلۡمَجِيدِ  ١  
“Qaf. Demi Al- Quran yang mulia."(Qs'. Qaf 50:1)
إِنَّهُۥ لَقُرۡءَانٞ كَرِيمٞ  ٧٧
“Dan (ini) sesungguhnya al-Qur’an yang sangat mulia.” (QS. Al-Waqi’ah 56 : 77)
Al-Qur’an adalah Kalamullah, yang memiliki sifat-sifat agung. Maka seorang hamba yang ingin mendapatkan anugerah besar dari-Nya sudah seharusnya menghabiskan umurnya dengan membaca, mempelajari, serta mengamalkan kandungannya.
Kaum salaf (generasi pertama umat Islam) mendapatkan pujian, keridhaan dan kemenangan dari Allah karena menjadikan al-Qur’an sebagai pedoman hidup.
Dari keterangan di atas, kita mengetahui betapa agungnya al-Qur’an yang telah Allah turunkan kepada Nabi Muhammad i Karena itu, jadikanlah ia sebagai pedoman hidup kita, sebagaimana dilakukan kaum Salaf. Dan hendaknya kita mengetahui bahwa ia diturunkan untuk tiga tujuan mulia: tilawah, tadabur, dan amal.
Syaikh Muhammad bin Shalili al-Utsaimin berkata: "Sesungguhnya al-Qur’an diturunkan untuk tiga perkara: untuk taabbud (ibadah) dan tilawah (dibaca), untuk dipahami makna-maknanya, dan untuk diamalkan.”[3]
Dengan dasar ini marilah kita mengisi hidup kita dengan membaca, mentadaburi, serta mengamalkan al-Qur’an. Dengan upaya tersebut kita berharap rahmat dan ampunan Allah SWT.




Sahabat......Cari Sepatu dan Pakaian Muslimah Murah??
coba cek Link Shopee di sini !!!

Sepatu

Pakaian Muslimah







[1] Al qiroat ahkamuha wa masdaruha (hlm. 11) karya DR Sya’ban Muhammad Ismail.
[2] HR Bukhori (no. 4981) dari Abu Huroiroh)
[3] Syarah Muqoddimah fi Ushulit Tafsir (hlm. 8)

0 Response to "AL – QUR’AN DAN KEUTAMAANNYA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel